Penyebab busi motor sering mati
Busi merupakan salah satu komponen yang sangat penting yang juga bagian dari rangkaian sistem pengapian yang ada di kendaraan bermotor, jika busi ini sudah mulai rusak biasanya kendaraan yang kita pakai terasa kurang stabil dan juga terasa tidak nyaman untuk digunakan,
Penyebab busi motor sering mati
Ciri-ciri busi mau mati atau sudah mulai rusak biasanya berimbas pada penghidupan awal,
Saat awal di hidupkan terkadang susah di hidupkan, dan ketika panas biasanya ada suara yang seperti meletup-letup terkadang ada suara ledakan keras di knalpot
Efek lainnya ketika busi mau mati atau rusak, selain sulitnya di hidupkan mesin saat dingin saat di gas akan terasa berat dan brebet, dan sulit untuk digunakan penyetelan karburator , jadi mintanya rpm agak tinggi terus dan gam mau rpm rendah,
karena jika busi ini mau mati hal tersebut dikarenakan busi yang bertugas sebagai pemercik api ini sudah tidak
di dalam silinder atau di ruang kompresi tersebut, Dan busi juga tidak mampu untuk menghasilkan bunga api yang cukup untuk membakar bahan bakar (bensin) yang sudah bercampur udara dan bensin tersebut,
Sedangkan penyebabnya busi motor sering mati ini juga banyak faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya busi sering mati,
Seperti halnya , karburator terlalu boros karena kurangnya ketepatan dalam penyetelan karburator,
Penyebab busi motor sering mati
Selain itu penyebabnya busi sering mati bisa disebabkan oleh spul yang mulai lemah, jika pengapiannya memakai jenis sistem AC, yang memang bersumber dari spul
Baca juga:
Yang terakhir penyebabnya busi motor sering mati dan selain di yang atas bisa juga dari busi itu sendiri,
Yang sekarang banyak yang abal-abal (palsu)
Lalu jika penyebab seringnya busi mati dikarenakan oleh pembakaran yang kurang tepat atau kurang sempurna dan meninggalkan sisa-sisa dari pembakaran tersebut alhasil busi menjadi kotor dan mati atau rusak,
Solusinya jika dikarenakan oleh setingan karburator kurang tepat tidak bisa terbakar semuanya sebagai solusi yang tepat adalah di kembalikan ulang atau yang semula spuyer main jet dan pilot jet sudah tidak standar coba di kembalikan ulang ke standar nya
Dan bisa kita lihat jika karburator itu terlalu irit, sedang, atau boros kita bisa melihat hasilnya dari sisa pembakaran melalui ujung busi ,
Jika ujung busi terlihat berwarna hitam pekat tendanya seringnya terlalu boros, dan bila ujung dari busi tersebut terlihat putih bersih ini menunjukkan bahwa setingan karburator kurang atau terlalu irit dan efeknya mesin cepat panas ,
Yang ketiga bilamana ujung busi terlihat berwarna agak kecoklatan seperti batu bata, ini menunjukkan bahwa setingan karburator sudah tepat atau sempurna,
Sementara ini dulu ya lor.. semoga bisa bermanfaat dan membantu,
Salam belajar salam belajar secara otodidak,