Penyebab motor keluar asap putih dari knalpot
Ternyata Kendaraan motor jenis empat tak memang seharusnya tidak mengeluarkan asap putih, jika hal tersebut terjadi berarti ada kebocoran pada ruang bakar (silinder)
Dan jika ini dibiarkan akan menjadi lebih parah dan fatal nantinya, dikarenakan oli mesin yang digunakan untuk melumasi komponen yang ada di dalam mesin jadi berkurang di karenakan ikut terbakar terus menerus di sebabkan oleh kebocoran tersebut,
Selain dari sil klep yang menyebabkan oli mesin ikut terbakar adalah ring piston atau piston yang sudah mengalami ke aus (rusak) , dan penyebab aus nya piston tersebut juga banyak hal , salah satunya bisa dikarenakan telat mengganti oli mesin,
Oli mesin akan ikut naik ke ruang bakar bersamaan dengan naik-turun nya piston tersebut melewati celah yang agak longgar dari dinding silinder dengan ring piston tersebut,
Kita bisa lihat bersama jika piston mengalami ke ausan atau rusak akan terlihat seperti di atas ini, dari celah inilah oli ikut tersedot dan mengikuti irama dari piston tersebut , Penyebab motor keluar asap putih dari knalpot Pir/ring piston lembek juga bisa menjadi penyebab keluarnya asap putih dari knalpot salah satu contoh seperti gambar di bawah ini,
Terlihat ring piston banyak kotorannya ini adalah efek samping dari sisa pembakaran yang tercampur dengan oli mesin , jika dibiarkan akan merembet ke komponen lainnya seperti noken as, templar, laker" akan mengalami kesukaran yang lebih parahnya lagi bisa mengenai stang , disebabkan kurangnya pelumas yang melumasinya ,
Selain itu buring atau silinder rumah piston /seher ini sebagai biang kerok juga knalpot mengeluarkan asap putih,
Terlihat buring atau silinder yang mengalai ke ausan seperti banyak goresan-goresan pada dinding buring tersebut,
Karena jika tidak di ganti kalau sudah parah seperti ini dan hanya di akali saja, hasilnya juga tidak akan bertahan lama, namanya juga akal-akalan π
Selanjutnya untuk pergi ke toko sparepart motor dan ukuran yang akan di beli harus lebi besar dari sebelumnya yang terpasang selama ini, seperti contoh, piston yang rusak ini ukurannya "0" atau masih standar , kit beli yang ukurannya di Tasnya, kita beli yang ukurannya 25 atau 50 tergantung dari parahnya dinding silinder tersebut,
![]() |
Sesudah oversize |
Karena piston set yang baru tersebut akan di bawa ke tempat tukang bubut untuk di kolter beserta buring (silinder blok ) tersebutNah itulah perlunya kita merawat kendaraan motor kita salah satunya sering melakukan servis dan rutin ganti oli,
Dari kejadian ini saya harus merogoh kocek lebih dalam lagi akibat kurangnya say melakukan perawatan dan jarang mengontrol oli mesin ,
Sementara ini dulu yang bisa saya bagikan
Jangan lupa rawatlah mesin motormu dengan cara rutin melakukan penggantian oli dan servis berkala,Salam otodidak π,