belajar sambil berbagi melalui tulisan

Waktu di Plosoklaten

Senin, 20 Maret 2023

Belajar cara tambal ban sendiri

| Senin, 20 Maret 2023

Belajar cara tambal ban sendiri



Belajar tambal ban sendiri




Kali ini kita akan mencoba mempelajari bagaimana caranya agar kita bisa menambal ban sendiri
Lumayan kan jika kita bisa menambal ban sendiri selain untuk menghemat juga bisa kita lakukan setiap saat,

Pentingkah kita mempelajari bagaimana caranya menambal ban sendiri,
Nah kalau untuk itu mungkin tiap orang berbeda-beda pendapatnya,
Tapi kalau menurut saya sendiri sih , penting juga ,
Sebelum kita membahas bagaimana caranya menambal ban sendiri , kita mencoba belajar berfikir apa untungnya dan manfaatnya jika kita mempelajari tentang hal ini,Contoh yang pernah saya alami ya gan... Pernah suatu ketika pas lagi mau berangkat kerja pagi-pagi ketika itu sekitar jam 6 kayaknya, masih ada waktu beberapa menit dari biasanya saya berangkat kerja,

Nah pas saya mau keluarkan itu motor eh ternyata ban belakang kempes..

Buru" saya keluar rumah saya dorong itu motor saya, dan saya tau di sekitar rumah saya ada tambal ban biasanya sih kalo belum waktunya buka dia mau di mintai tolong,
Pas nyampe ternyata orangnya lagi keluar kota ke tempat keluarnya,
Setelah itu nyari lagi tempat tambal ban di pinggir jalan raya dan ternyata masih tutup orangnya belum datang,
πŸ˜…
Uda waktunya mepet lagi,, singkat cerita akhirnya saya telat nyampe kerjaan,,
Ketika pulang saya berfikir kenapa saya tidak membuat tambal ban sendiri ,,
Untungnya dulu pernah belajar bagaimana caranya menambal ban,
Pertama kita siapkan dulu alat-alatnya yaitu 2/3cukit ban , jika belum punya kalian bisa membeli di toko-toko sepeda atau di toko-toko bangunan juga ada,
Dibawah ini yang dibutuhkan untuk menambal ban sendiri sebagai berikut:

Kembali ke pembahasan tentang bagaimana caranya menambal ban sendiri nah sedikit akan saya bagikan bagaimana caranya agar kita bisa menambal ban sendiri di rumah,


Alat-alat Penyungkil ban

  • Kunci roda/kunci Inggris
  • Kanisir (lem untuk ban)
  • Spirtus (untuk bakar lempeng ) namun saya sarankan pres listrik yang tidak menggunakan spirtus ,
  • Pompa angin tangan
  • Pres (penjepit ban) usahakan pakai yang listrik tidak menggunakan api
  • Air 1ember


Langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buang angin yang tersisa jika ban sudak kempas /bocor lepaskan dop (pentil) hingga angin benar-benar keluar semua, Agar waktu pencukitan tidak berat,
  • Sekarang lakukan pencukitan sambil menekan ban lawannya , contohnya ketika kamu cukit bagian atas untuk ban bagian bawah kamu tekan agar ban bergeser ke area alat cukit kamu tadi begitu seterusnya,
  • Jika sudah tercukit semua Sekarang keluarkan dop (pentil) tersebut dari velgnya dan juga keluarkan ban dalamnya,


Selanjutnya masukan lagi dop (pentil) ke tempatnya laka sekrup sekarang pompa ban tersebut dengan pompa angin, jika sudah masukan ban yang sudah kamu pompa tadi dan coba masukan kedalam air yang kamu siapin tadi, dan putar cari dimana yang menunjukkan kebocoran , ketika ada yang bocor otomatis nanti akan ada gelembung udara yang keluar dari dalam air,

Setelah ketemu bagian ban yang bocor selanjutnya kamu kerik-kerik pakai gergaji atau apapun yang tujuannya agar permukaan yang akan di tambal jadi kasar atau keset,, dan jika di pres akan lebih lengket..

sudah lakukan penjepitan dengan alat press ban dan lapisi kertas agar tidak lengket saat dipanaskan nanti, ,
Nah jika sudah selesai pasang kembali lagi ke dalam velg-nya tadi, ingat saat memasuka pakai cara seperti di waktu pencukitan tadi, yaitu cukit bagian kanan tekan ban bagian kiri , dan tetap dengan hati-hati agar ban dalam tidak terkena alat cukit ,

Sementara itu dulu yang bisa saya bagikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua amin 🀲



selamat mencoba,,







Baca Juga
>
πŸ“£ Selamat menunaikan ibadah puasa 1445 H. Bulan penuh berkah dan ampunan, bersihkan diri, jernihkan hati, dekatkan diri pada Ilahi. πŸ™